Tips dan Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika  Memilih Air Conditioner

  • Xiaowen 

Air conditioner alias AC atau penyejuk ruangan adalah salah satu barang elektronik penting yang mampu memberikan kenyamanan bagi pengunannya. Terlebih lagi bagi masyarakat di iklim tropis yang cuacanya sangatlah panas yang menjadi pengunannya. Hal ini dikarenakan memang AC mampu membuat sebuah ruangan lebih dingin, lebih segar dan tentunya tidak panas lagi. Oleh karena kedudukannya yang penting ini, Anda tidak boleh untuk sembarangan dalam memilihnya. Perlu adanya pemilihan yang tepat agar fungsi dari AC ini bisa bekerja dengan maksimal. Maka dari itulah yang harus dilakukan adalah menindakkan berbagai tips ampuh memilih AC yang paling tepat.  Selain tips, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan tips ini yang tidak boleh terlewatkan. Dengan begitu pastinya melalui tips memilih AC yang tepat dan hal yang harus diperhatikan ketika melakukannya akan membawa keuntungan besar. Tidak perlu ragu pula untuk melakukannya karena sudah banyak orang membuktikan betapa mudahnya tips dan hal penting yang harus diperhatikan ini serta betapa menguntungkannya hal akan yang didapatkan.

Tips Memilih Air Conditioner Paling Tepat

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan ketika hendak memilih air conditioner atau AC ini. Dari berbagai tips ini ada beberapa tips yang terbukti ampuh yang mampu menyebabkan Anda mendapatkan produk terbaik AC. Nah, berikut adalah berbagai tips memilih AC  paling ampuh ini:

  1. Memilih Produk AC yang Terbukti Hemat Listrik

Salah satu tips yang paling penting dalam memilih AC yang paling tepat ini adalah memperhatikan spesfikasinya terutama mengenai daya listrik.  AC yang hemat listrik ini adalah AC yang mengunakan hanya  30% kira-kira sumber daya tersebut apabila dibandingkan dengan berbagai AC biasa yang tidak hemat listrik. Nah, salah satu AC yang paling hemat listrik ini adalah AC Daikin. Sudah banyak yang membuktikan betapa hematnya AC ini sehingga mampu menekah biaya listrik. Harga AC daikin ini sendiri sudah terkenal sangat terjangkau dengan produknya yang selalu bisa menggugah para konsumen lainnya. Namun perlu diingat bahwa Anda tidak boleh tergiur oleh karena  harga yang murah saja karena belum tentu AC yang harganya murah ini hemat listrik. Jatuhnya nanti akan lebih menghabiskan banyak uang yang dipunyai apabila memilih AC murah tetapi boros listrik dibandingkan AC mahal tetapi hemat listrik. Pasalnya Anda hanya keluar uang besar sekali saja pada saat pembelian dan tidak pada bulan-bulan setelah pengunaan AC tersebut.

www.pexels.com

  1. Memilih AC dengan Teknologi Muktahir

Tentunya AC dengan teknologi yang muktahir akan mempunyai banyak keuntungan bagi yang menggunakannya. Hal ini dikarenakan berbagai teknologi ini yang memudahkan dan memberikan hal-hal positif kepada pengunannya. Misalnya saja teknologi bernama plasmacluster pada AC yang mampu menyingkirkan berbagai bakter dan virus. Dengan  menggunakan AC ini tentunya Anda akan mampu menjaga kesehatan dengan baik. Orang-orang yang berada di dalam ruangan ber AC dengan teknologi plasmacluster ini pastinya juga mendapatkan keuntungannya tersebut. Apabia AC dengan teknologi ini dletakkan di rumah sakit ataupun ruang keluaraga dan kamar akan menjadi pilihan tepat. Pada tips yang satu ini ada beberapa  Hal yang perlu ditekankan.  Beberapa hal tersebut adalah adalah pastikan berbagai teknologi muktahir pada  AC ini benar-benar dibutuhkan agar tidak terbuang secara sia-sia karena tidak diperlukan. Apabila memang diperkirakan tidak akan digunakan lebih baik memilih AC dengan spesfikasi dibawahnya atau diatasnya yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Memilih Merek Terkenal

Salah satu tips memilih AC yang paling tepat berikutnya adalah menjatuhkan pilihan pada AC dengan merek yang terkenal.  Hal ini dikarenakan tidak dapat dipungkiri sama sekali merek yang terkenal akan senantiasa menjaga kualitasnya sehingga produk yang dipunyai sudah pasti mempunyai kualitas yang baik. Meskipun harganya akan jauh lebih mahal tetapi akan langsung terbayarkan dengan kualitas pada AC bermerek terkenal tersebut. Di Indonesia sendiri AC dengan merek Daikin adalah salah satu yang paling terkenal  dan yang sudah banyak memuaskan para pengunannya.

  1. Menentukan Tipe Ac yang Sesuai Kebutuhan

Tipe inverter dan standard merupakan dua tipe yang ada pada AC.  Keduanya ini mempunyai perbedaaan pada keunggulannya yang harus disesuaikan dengan kebutuhan yang dipunyai. Apabila nantinya tidak sesuaikan, berbagai keutungan yang bisa didapatkan akan berubah menjadi kerugian. Misalnya Anda hanya menggunakan AC lebih dari 6 jam seharinya, maka silahkan pilih tipe yang inventer. Pasalnya kemampuan dari tipe ini yang mampu mengurangi kinerjanya ketika sudah dirasa ruangannya menjadi dingin. Namun memang pada saat awal dinyalakan akan bekerja keras AC  tipe ini. Sedangkan apabila mencari AC yang hemat listrik tetapi kompresor ukurannya yang dikurangi silahkan pilih AC standard. Tipe atau jenis lain dari air conditioner  ini masih ada yang lain yakni ada empat ada AC Split yang sangatlah mudah pemasangannya, AC Window yang berbentuk seperti jendela, AC sentral yang biasa digunakan unuk hotel, gedung hingga kantor, dan yang terakhir ada tipe Standing Floor yang mana bentuknya persegi yang mampu dipindah kemanapun Anda menginginkannya. Inti dari ini adalah tentukan telebih dahulu keperluan atau kebutuhan dalam menggunakan AC ini baru sesuaikan dengan tipenya.

  1. Memilih AC dengan Desain yang Sederhana

AC saat ini mempunyai banyak desain yang unik dan beragam. Namun disarankan untuk memilih yang berdesain sederhana saja. Pasalnya dengan desain yang sederhana pada AC ini mampu memberikan kemudahan ketika Anda hendak membersihkannya. Jangan sampai hanya karena terlalu banyak detail yang terdapat pada desain AC ini membuat malas untuk membersihkannya.

  1. Membeli di Toko yang Terpercaya

Tips berikutnya memilih AC yang paling tepat adalah silahkan beli di toko yang sudah terpercaya.  Toko yang terpercaya ini akan memberikan pelayanan terbaik dengan jaminan produk yang diberikan terjaga kualitasnya.  Hindari untuk membeli AC yang bekas karena mampu memberikan resiko yang besar seperti kenyataan isi komponen yang ada didalamnya sudah diganti alias tidak orisinill, mudah rusak dan masih banyak lagi.

www.pexels.com

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Tips Memilih AC

Dalam melakukan semua tips memilih air conditioner  atau AC yang paling tepat ini, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti yang sudah dikapatan bahwa dengan memperhatikan berbagai hal ini, dipastikan pemilihan yang dilakukan ini tidak akan sia-sia.  Adapun berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan tips memilih AC yang paling tepat ini adalah sebagai berikut:

  1. Luas Ruangan yang Hendak Dipasang AC

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika melakukan tips memilih AC ini adalah ruangan yang hendak dipasangi dengan AC tersebut. Ada beberapa pendapat yang mengungkapkan bahwa ruangan yang kecil harus menggunakan AC 1\2 PK. Sementara itu untuk yang berukuran besar maka yang harus digunakan AC 2 PK.  PK ini sendiri merupakan paard Karcht/ horse power/ daya kuda yang mana menelaskan mengenai tingkatan satuan pada kapasistas pendinginan. Selain PK,  ada pula British Thermal Unit alias BTU yang  memberikan penjelasan mengenai ukuran kemampuan pada bidang pendinginan.  Terdapat rumus yang bisa digunakan untuk menentukan kebutuhan PK pada AC yang diperlukan pada ruangan yang dipunyai. Agar lebih mudah memahaminya, maka akan digunakan contoh penghitungan. Contohnya  adalah ruangan yang hendak dipasang mempunyai ukuran 3×3.  Maka penghitungannya menjadi 3x3x500 BTU dengan hasil 45000 BTU. Hasil ini menunjukan bahwa kapasitas air conditioner untuk luas ruangan berukuran 3×3 adalah 0,5 PK.

  1. Letak Pemasangan AC

Selain luas ruangan, hal lainnya yang harus diperhatikan ketika melakukan tips memilih AC paling tepat ini adalah dimana letak pemasangannya.  Hindari pemasangan di depan pintu  sebab pemasangan di tempat tersebut akan membuat kinerja AC sia-sia. Pasalnya udara mudah sekali keluar karena penempatannya yang tidak tepat tersebut.  Selain itu, jangan pula untuk memasang AC ini terlalu dekat dengan platfom. Tujuannya adalah agar AC ini dapat bekerja dengan maksimal sehingga udara tidak terhambat untuk keluar.

  1. Budget yang Dipunyai

Budget merupakan hal yang tidak boleh lupa untuk diperhatikan ketika hendak memilih sebuah AC. Apabila sudah mendapatkan pilihan AC paling tepat menggunakan tips yang telah disebutkan tadi, maka jangan lupa untuk melihat budget yang dipunyai. Sangatlah disarankan untuk melihat terlebih dahulu budget yang dipunyai ketika melakukan berbagai tips memilih AC yang paling tepat.  Anda bisa menabung dalam jangka waktu tertentu agar bisa mendapatkan AC terbaik pilihan terbaik yang sudah pasti berkualitas. Jangan paksakan budget yang pas-pasnya bila ingin membeli AC karena hasilnya akan  tidak baik. Selain itu, tidak boleh membeli AC yang dibandrol dengan harga terlalu murah atau merek yang tidak menyakinkan.

www.pexels.com

  1. Garansi

Garansi merupakan salah satu hal penting dalam setiap pembelian barang termasuk dalam pembelian AC ini.  Maka dari itulah harus diperhatikan dengan baik garansi yang diberikan pada produk AC yang dipilih dengan menggunakan tips yang ada.  Anda bisa tanyakan langsung dengan penjual toko yang ada mengenai garansi yang diberikan ini. Pastikan bahwa garansi AC ini jelas dan benar-benar resmi dari mereknya. Lihat semua syarat dalam mengeklaim garansi AC yang dipunyai. Setiap produk AC ini memberikan jangka waktu garansi yang berbeda. Maka dari itulah pastikan bahwa garansi yang diberikan pada pilihan AC ini cocok dengan pengunannya.  Setelah semua kelejasan mengenai AC yang diberikan ini dimengerti, jangan lupa simpan kartu garansi yang ada dan jangan sampai hilang tentunya.

  1. Service Secara Berlakala atau Maintenance

Produk AC yang sudah dipilih akan mampu bertahan dengan baik bila terdapat perawatan yang baik. Maka dari itulah harus terdapat service secara berkala atau maintenance yang baik. Setidaknya pastikan bahwa AC tersebut telah diservice  berkala dengan jangka waktu 3-4 bukan sekali. Dengan begitu maka ketahanan dari AC tidak perlu diragukan lagi.

 

Itulah tadi beberapa tips memilih air conditioner paling tepat beserta dengan beberapa hal yang harus diperhatikan. Tentunya tidak perlu diragukan betapa pentingnya info ini diketahui terutama Anda yang hendak membeli AC wajib untuk menyimak semua informasi tersebut dan tentunya melakukannya terlebih yang menginginkan keuntungan besar dan menghindari penyesalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *