Seperti Apa Kota Surabaya ?

  • Xiaowen 

Sebuah nama atau julukan dalam pemberian atau mendapatkannya tentunya tidak sembarangan. Contohnya saja ketika seseorang yang mendapatkan gelar atau pangkat s1 maka, seseorang tersebut harus menempuh perkuliahan umumnya mencapai empat tahun. Maka dari itu untuk mendapatkan nama atau julukan tidak mungkin sembarangan dan pastinya memiliki filosofi tersendiri. Jika anda bayangkan apakah anda terfikir kenapa setiap kota yang ada di Indonesia memiliki nama yang berbeda dari satu kota hingga kota lainnya. Hal tersebut dikarenanakan setiap penaman daerah atau kota pasti memiliki sejarah atau nilai filosofi yang berbeda tentunya di setiap daerah.

Salah satu kota yang sangat unik tentang penaman sekaligus folosofi namanya adalah Kota Surabaya. Mungkin kebanyakan orang memiliki gambaran bahwa di kota tersebut terdapat ikan sura atau hiyu dan boyo atau dalam bahasa indonesianya adalah buaya, hal itu memang tidak salah. Jika anda ingin memengetahui lebih banyak tentang kota ini mari kita kupas habis tentang asal usul nama kota tersebut.

www.pexels.com

Sejarah Kota Surabaya

Secara mitos pemberian nama Surbaya hampir mirip dengan apa yang menjadi gambaran anda yaitu, pada zaman dahulu terdapat pertempuran yang sangat dasyat anatara suro atau ikan hiu dengan boyo atau buaya yang akhirnya terbentuklah kota ini. Namun berdasarkan prasasti yang telah ada bahwa kota tersebut sudah ada atau berdiri jauh sebelum itu. Kebanyakan bukti telah membuktikan kalau Surabaya sudah  berdiri sebelum zaman kolonial atau berangka 1358 M dalam hitungan atau di prasati trowulan. Pada zaman itu Surabaya masih dalam bentuk daerah kecil yang berada dipinggir sungai.

Dalam menentukan nama daerah ini banyaksekali cerita yang bermunculan atau versi yang mengisahkan sangat bermacam-macam. Ada salah satu versi yang mengatakan kalau kota ini terbentuk karena perkelahian hidup dan mati antara Adipati Jayengrono dan pendekar Sawunggaling. Hal ini bermula ketika setelah tentara tar tar berhasil dikalahkan. Setelah itu Raden Wijaya mendirkan keraton bertempatan di ujung galuh yang nantinya akan menjadai cikal terbentunya Surabaya. Kemudian Raden Wijaya memberikan hak atau kekuasaan kepada Jayengrono, namun setelah berkembang beberapa tahun Jayengrono berhasil mengembangkan daerah tersebut secara mandiri dan dia juga semakin kuat.

Untuk mengantisipasi adanya pemberontakan atau ekspansi ke kekerajaan Majapahit, pihak kerajaan mengutus dipati Sawunggaling yang telah menguasai ilmu sura untuk mengalahkan Jayengrono. Setelah itu terjadailah pertempuran yang dimana keduanya berakhir dengan naas yaitu mereka mati semua karena pertempuran yang berlangsung selama 7 hari 7 malam. Dengan begitu untuk memeperingati pertempuran tersebut maka disebutlah tempat itu sebagai Surabaya karena pertempuran suro dan boyo atau ada yang melambangkan dengan pertempuran daratan dan air. Kalau dalam kaidah jawa orang jawa memaknainya dengan suro ing bhaya yang memiliki arti keberanian menghadapi bahaya. Maka tidak heran sampai sekarang arek-arek di Kota Surabaya memiliki keberanian yang tinggi, seperti dalam sejarah terjadinya pertempuran antara koloni dan arek Surabaya untuk membela kemerdekan.

www.pexels.com

Daya Tarik Kota Pahlawan

selain dikenal atau terkenal dengan kota yang memiliki segudang sejarah, kota Surabaya juga memiliki icon yang sangat patut diacungi jempol malah jempol dua. Meskipun Surabaya terkenal dengan kota metropolitan namun kota ini juga memiliki wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi tentunya wisata alam yang tersedia adalah wisata alam buatan seperti kebun binatang dan hutang lindung. Pembuatan taman atau hutan lindung ditengah kota pastinya memiliki tujuan lain selain sebagai tempat wisata, yaitu sebagai penyumbang oksigen terbesar di Surabaya. Anda pasti sudah mengetahui bahwa Surabaya adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia bahkan

Surabaya menduduki kota terbesar nomor dua di Indonesia. Selain menyandang kota terbesar Surabaya juga termasuk dalam kota metropolitan sehingga rata-rata aktivitas atau pekerjaan mereka berhubugan dengan jasa. Selain itu dikota ini sangat jarang atau bahkan tidak ada yang namanya hutan. Oleh sebab itu dibangunlah hutan lindung yang berguna sebagai tempat rekreasi yang asik sekaligus sebagai salah satu sumber pemasok oksigen untuk kota pahlawan tersebut. Jika anda belum pernah mampir atau main ke Surabaya berikut ini ada beberapa penjelasan tentang wisata alam buatan yang cukup terkenal atau malah ramai di kunjungi, yang ada di Kota Surabaya. Untuk lebih nyamannya sebaiknya anda menggunakan jasa travel malang surabaya yang sudah tejamin aman dan nyaman di dalam perjalanan anda.

  1. Hutan bambu dan taman sakura keputih. Pembangunan hutan yang satu ini tentunya memiliki inspirasi atau mengambil tema dari nuansa Jepang. Suasana yang sangat kalem ini sangat banyak diminati oleh orang pada umumnya. Kenapa wisata ini bernuansa Jepang karena menggunakan sakura dan bambu yang menjadi ciri khas dari Jepang. Anda bisa membayangkan sendiri ketika anda pergi ke wisata tersebut saat bunga sakura bermekaran dan berjatuhan dijalan. Sunggung pemandangan yang sangat indah. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi sekarang karena dibutuhkan waktu yang cukup lama supaya bunga sakura bisa berbunga yaitu kisaran sampai tiga tahun dari penaaman, sedangkan taman wisata yang satu ini baru dibuka pada tahun duaribu limabelas lalu. Tenang saja anda masih bisa menikmati pemandangan taman bambu, kalau dilihat-lihat pemandangannya tidak akan kalah menarik. Karena banyak juga yang menggunakan spot ini sebagai tempat untuk foto prewedding. Untuk info tetang taman ini dibuka untuk umum sehingga siapa saja boleh masuk, anda hanya sekedar melihat-lihat boleh, atau hanya sekedar mengantar anak anda bermain juga diperbolehkan.

    www.pexels.com

  2. Taman flora. Sesuai dengan namanya saja anda pasti sudah mengetahui apa saja yang ada didalamnya. Secara spesifik ini adalah taman yang telah menyumbangkan oksigen kepada Surabaya. Apabila anda berkunjung ke taman flora anda akan mendapatkan kesejukan alam yang sangat langka, dihutan ini pohon-pohonya sangat rindang. Dan yang menjadi penambah kecantikannya adalah terdapat sangkar raksasa. Di hutan flora ini terdapat sangkar yang berukuran sangat besar, dan didalamnya terdapat hewan seperti burung dan rusa yang dijaga habitatnya. Selain taman flora yang terletak di Kota Surabaya ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata, tempat ini juga sangat tepat sebagai tempat bermain, karena di hutan flora juga terdapat out boond yang sangat disukai anak-anak dan tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak seperti pelajar.
  3. Wisata Anyar Mangrove. Kalau wisata yang satu ini adalah wisata alam murni namun sedikit mendapat sentuhan dari manusia. Pembangunan wisata ini juga memiliki tujuan yang lebih penting dari pada sekedar tempat wisata. pembangunan wisata ini bertujuan untuk menjaga daerah Surabaya yang terletak di pesisir pantai, tujuannya adalah untuk melindungi wilayah yang dimaksut dari adanya abrasi atau yang lebih jelasnya adalah pengikisan tanah oleh air laut. Apabila anda ingin berkeliling bisa menaiki perahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *