Keistimewaan Dari Masjid Raya Di Sumatera

  • Xiaowen 

Indonesia merupakan salah satu agama kepercayaan yang besar dan tumbuh berkembang di negara ini banyak sekali penganutnya dari Sabang Sampai Merauke, dari perjalanan penyebaran agama ini terdapat banyak masjid-masjid bersejarah yang ada di seluruh titik penjuru kotak-kotak besar. Perkembangan ini Tentunya dilandasi oleh sejarah kemunculan Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa yaitu kerajaan Banten, yang memiliki Masjid pertama yaitu masjid Agung Demak. Agama ini terus berkembang seiring perkembangan zaman, karena banyak sekali pendapat pendakwah modern saat ini menggunakan media sosial sebagai cara gerakan propaganda Islam atau Islamisasi. Proses masuknya Islam sendiri menurut sejarah diawali dengan keruntuhannya kerajaan Majapahit di Indonesia. Yang selanjutnya islam disebarkan oleh para pedagang dari Persia, Arab, dan India melalui transaksi jual beli. Selain itu juga dari sisi dalam negeri, dimulai dari munculnya Kerajaan Islam pertama itu Kerajaan Demak. Kerajaan Demak ini memiliki sebuah masjid yang bersejarah dalam perkembangan Islam di Indonesia, masjid tersebut dikenal dengan Masjid Agung Demak. Masjid Agung Demak ini digunakan para wali untuk berdiskusi tentang bagaimana menyebarkan agama Islam di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Perkembangan Islam di Sumatera Barat merupakan sebuah perkembangan yang sangat besar. Hampir seluruh sumatera Barat di kuasai dengan kepercayaan Islam, atau bisa dikatakan sebesar 98% semua warganya memeluk Islam. Masuknya agama Islam di Sumatera Barat diawali oleh pedagang dari Arab yang melakukan transaksi jual beli serta melakukan dakwahnya di negara ini. Pada dahulu Kalau memang negara ini lebih banyak yang menganut hindu-budha saat Majapahit masih memerintah. Sumatera Barat menjadi sangat pesat ketika kerajaan Aceh mulai muncul. Kerajaan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Alaudin Riayat Syah Al-Kahar telah meluaskan ajaran Islam hampir seluruh wilayah pulau Sumatera. Tentu ini merupakan pencapaian yang besar Sama halnya dengan kerajaan Demak yang mampu meluaskan agamanya ke seluruh wilayah Jawa. Lalu akibat dari perkembangan islam yang sangat pesat ini hampir seluruh kerajaan yang berada di wilayah pulau Sumatera menganut Islam. Pada salah satu perkembangannya terdapat sebuah sejarah yang patut diperbincangkan yaitu sebuah perang Padri yang terjadi antara masyarakat Minangkabau. Kaum Padri yang di dalamnya terdapat banyak ulama yang menjalankan syariat Islam bertentangan dengan kaum adat yang belum sepenuhnya menjalankan syariat Islam dan masih melakukan dosa besar. Hal ini menyebabkan perselisihan hingga kaum adat mengundang Belanda untuk turut campur dalam peperangan. Rapat hal itu akhirnya malah mengandung kekesalan dan penyesalan dari kaum adat. Karena Belanda menguasai wilayah tersebut hampir selama 12 Tahun Lamanya dan menyebabkan banyak kerugian harta dan mengorbankan jiwa raga. Pada akhirnya munculnya sosok dari kaum Padri yang dipimpin oleh tuanku Imam Bonjol untuk merangkul kaum adat untuk bersatu melawan Belanda dan mengusirnya. Dan setelah peperangan melawan Belanda itu selesai muncullah perjanjian atau kesepakatan berbentuk kompromi bersama mengenai adat yang diperbolehkan menurut ajaran agama Islam yang berlandaskan Alquran.

www.pexels.com

Seiring dengan perkembangan zaman dari kemajuan Islam di Sumatera Barat adalah di Buatlah sebuah masjid raya yang berada di Sumatera Barat dan bahkan belum rampung pembangunannya setelah menghabiskan beratus-ratus miliar rupiah untuk memegahkan bangunan dari masjid itu. Disinyalir masjid ini merupakan masjid terbesar dan memiliki teknologi khusus dan dapat menahan gempa hingga 10 SR. Serta masjid ini juga dapat digunakan sebagai tempat perlindungan atau evakuasi ketika waktu-waktu terjadi seperti tsunami di Aceh. Tentunya masyarakat Sumatera telah belajar banyak hal terkait dengan kejadian-kejadian yang telah melanda Aceh beberapa tahun silam. Bila kebanyakan masjid memiliki kubah di atasnya, tetapi masjid ini tidak memiliki bentuk arsitektur menyerupai dengan maksud yang lainnya. Pada masjid ini desain mirip sekali dengan rumah adat Minangkabau. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang megah di indonesia.

Kegiatan Kegiatan Di Sekitar Majid Raya Di Sumatera

Karena kemegahannya ini banyak sekali wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri untuk keponakan untuk datang menyaksikan masjid dengan desain adat Minangkabau yang sangat megah. Wisata tersebut biasanya berupa kunjungan untuk melakukan salat wajib berjamaah di masjid megah ini. Banyak orang yang menikmati arsitektur yang indah dari masjid ini. Bahkan disinyalir mampu menahan gempa dan tsunami yang memiliki kekuatan 10 SR.

Banyak orang yang melakukan kunjungan dan melakukan foto-foto selfie maupun bersama keluarga. Bila melihat dari sisi baiknya cara kita memposting keindahan sebuah masjid di media sosial merupakan suatu cara berdakwah di era modern saat ini. Maka perlu diapresiasi bagi mereka yang cinta terhadap sebuah masjid sampai mempostingnya di sosial media. Tentu tindakan ini merupakan sebuah bentuk promosi dan dakwah di era modern saat ini ya bisa dilakukan oleh setiap orang.

www.pexels.com

Keunikan Dari Segi Artistektur Masjid Raya Sumatera

Keunikan dari sisi arsitektur masjid ini memang sangat memukau banyak orang. Karena didesain langsung oleh Rizal Muslimin pemenang juara pertama kompetisi arsitektur nasional pada tahun 2016. Kontruksi masjid ini berisi tiga lantai. Bangunan utama dari masjid ini memiliki luas sebesar 40.000 meter persegi lebih dan mampu menampung 20.000 orang jamaah. Dan juga terkenal sebagai sebuah tempat pertahanan terakhir bila terjadi gempa dan tsunami dengan skala 10 SR. Pada bagian interior masjid bagian mihrabnya menyerupai bentuk Hajar Aswad dan bagian atapnya dihiasi dengan ukiran asmaul Husna. Masjid ini dimulai konstruksinya sejak tahun 2007 tanggal 21 Desember lalu dan sampai sekarang belum selesai pembangunannya. Walaupun sudah terlihat sangat megah dan indah tetapi ini belum maksimal dari karya seorang yang anda Rizal Muslimin. Adapun bagian dari masuk yang belum selesai adalah menara setinggi 85 meter yang nantinya akan diperuntukkan sebagai fungsi melihat Hilal.

Berdirinya Masjid Megah Di Sumatera Sebagai Bentuk Persatuan

Masjid ini dinilai sebagai salah satu bentuk persatuan antara islam dan adat budaya. Karena memang desainnya yang tidak mirip dengan masjid-masjid biasanya. Tetapi pada dasarnya masjid ini memiliki fungsi sebagai tempat salat berjamaah bagi umat Islam. Melihat dari sejarah yang pernah terjadi perselisihan antara kaum Padri dan kaum adat di masa lalu. Pada perang ini terdapat perselisihan antara kedua belah pihak mengenai sudut pandang budaya di dalam Islam. Perselisihan yang terjadi hampir selama 20 tahun lamanya hingga akhirnya suku adat mendatangkan Belanda dan menyebabkan pertumpahan darah serta kerugian harta benda. Pada saat itu Belanda berada di wilayah tersebut selama 12 tahun dan menyebabkan penyesalan bagi kaum Adat.

Islam memang berkembang pesat di negara Indonesia. Khususnya di Sumatera Barat toleransi antara agama dan budaya bisa sangat dirasakan melalui terciptanya masjid raya ini. Dengan begitu harusnya siang di masa lalu akan dihindari di masa depan. Dan mengingat dari sejarah akan terjadinya tsunami dan gempa besar di Aceh, membawa pembawa pengalaman baru untuk menciptakan sebuah tempat perlindungan dari bencana tersebut. Hari ini mencerminkan masyarakat Sumatera Barat yang belajar dari setiap kejadian di masa lalu.

www.pexels.com

Akses Di Sekitar Lingkungan Masjid Raya Sumatera

Akses menuju Masjid Raya di Sumatera Barat yang cukup mudah. Dari jalan raya besar kyai Haji Ahmad Dahlan anda sudah mendekati wilayah masjid raya tersebut. Selanjutnya anda perlu melewati jalan Rasuna Said menuju sTMIK Indonesia Padang. Sekitar itu anda telah berada di area Masjid Raya Sumatera Barat. Tentunya tidak sulit untuk mencari bangunan yang megah dan terkenal ini. Hanya perlu datang ke Sumatera Barat entah dari mana anda berada, karena di sana anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan. Tentu ini merupakan salah satu keajaiban di era modern saat ini, mengingat jarang sekali terdapat sebuah masjid yang berbentuk berbeda dengan masjid-masjid kebanyakan. Selain itu juga memiliki keunggulan tahan gempa dan tsunami, memiliki arsitektur yang sangat megah dan menawan hingga dapat mendatangkan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Ketika anda telah datang kesana tentunya Anda akan melihat banyak sekali keindahan-keindahan mengenai arsitektur yang ditawarkan oleh Rizal Muslimin. Salah satu yang tidak bisa dilewatkan tentunya karpet masjid yang digunakan. Tentu untuk mengimbangi arsitektur yang megah ini karpet kasur yang digunakan juga harus bersifat elegan dan mewah. Kebanyakan orang pasti akan terinspirasi untuk meletakan karpet masjid ini di lingkungan rumahnya atau di masjid area rumahnya. Bila anda menginginkan membeli karpet masjid elegan ini Tentunya Anda harus mengakses sebuah situs yang modern dan update. Salah satunya Anda harus mencari toko online modern yang jual karpet masjid Jakarta. Hal ini dikarenakan Jakarta merupakan salah satu tempat yang paling modern dan sangat mudah untuk mencari barang-barang baru dan sesuai dengan tema elegan lainnya. Hampir semua barang-barang dan kebutuhan tersedia di Jakarta. Karena memang Jakarta merupakan ibukota negara Republik Indonesia. Sehingga barang-barang tersebut lebih bagus dan lengkap.

Itu dia beberapa hal mengenai masjid raya yang terletak di Sumatera Barat, dan memiliki banyak keunggulan, kemegahan, dan perbedaan dibandingkan dengan masjid masjid lainnya. Jadi bagi anda seorang muslimin yang suka berpergian atau Traveller tentunya sangat penting untuk mengunjungi masjid ini karena akan menciptakan pengalaman yang indah bagi perjalanan Anda. Serta kami dapat berdakwah melalui media sosial Ketika anda memposting foto anda berada di masjid ini. Dengan keunggulan yang berbeda dibandingkan dengan masjid yang lainnya dengan sentuhan adat padang dan Minangkabau masih di ini memiliki keunggulan lain seperti tan kemba dan arsitektur yang menawan.

www.pexels.com

Anda bisa berpergian ke wilayah Sumatera Barat dan memasukkan ke masjid raya ini sebagai salah satu destinasi yang penting untuk dikunjungi. Karena akan sangat mengecewakan bila anda kelewatan untuk tidak muncul masjid akan menjadi salah satu sejarah besar di masa depan. Masjid ini tentunya akan segera selesai pembangunannya setelah menara setinggi 85 meter tersebut bisa digunakan. Tentunya nantinya menara tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung di masjid tersebut. Dapat yakin kan setiap orang yang telah datang di sana, pasti akan ingin kembali datang ke masjid ini. Karena setiap detailnya akan tidak mudah untuk dinikmati hanya dengan sehari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *