Cara Membuat Pisang sale dan Informasi Kandungan Gizinya

  • Xiaowen 

Pisang adalah salah satu buah yang hanya bisa ditemukan di negara tropis. Iklim Indonesia sangat mendukung pertumbuhan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C ini. Pohon pisang bisa dengan mudah tumbuh di tanah-tanah kosong.

Banyak bagian dari pohon pisang yang bisa dimanfaatkan. Buahnya sudah jelas bisa dimakan dan diolah menjadi beragamam panganan. Daunnya sering dimanfaatkan untuk alas makanan atau sebagai pembungkus berbagai makanan tradisional Indonesia. jantung buah pisang juga sering dimanfaatkan, biasanya dengan cara diolah menjadi sayur atau berbagai makanan lain.

Jenis Pisang Paling Populer di Indonesia

Karena memiliki iklim yang sangat cocok untuk pertumbuhan pisang, ada banyak sekali jenis pisang yang bisa ditemukan di Indonesia. beberapa jenis pisang yang paling populer di negara ini adalah:

  1. Pisang Susu

Pisang susu dikenal juga dengan nama pisang Lampung. Lampung memang merupakan daerah yang paling banyak menghasilkan pisang ini. Pisang susu banyak digemari karena ukurannya yang mini sehingga tidak terlalu mengenyangkan. Rasanya juga lezat dengan sensasi manis yang milky.

www.pexels.com

  1. Pisang Cavendish

Pernah mengkonsumsi pisang sunpride? Pisang tersebut sesungguhnya adalah pisang cavendish, yakni pisang yang berukuran sedang dengan ciri kulit yang mulus dan berwarna kuning cerah. Pisang ini ditumbuhkan dengan cara khusus dan perawatan yang sangat ketat sehingga memenuhi standar ekspor. Kulitnya yang mulus, ukurannya yang ideal, serta rasanya yang enak membuat pisang cavendish memiliki harga yang relatif mahal di pasaran.

 

  1. Pisang Ambon

Anda yang membutuhkan pisang untuk diolah kembali menjadi panganan lain harus mencoba pisang ambon. Pisang ini memang paling sering dijadikan bahan untuk membuat kue. Ciri khas pisang ini adalah daging buahnya yang lembut dengan warna kuning pucat kemerahan. Masalah harga, pisang Ambon merupakan salah satu yang paling murah di pasaran.

www.pexels.com

  1. Pisang Nangka

Pisang nangka adalah salah satu pisang yang unik, pasalnya kulit pisang ini akan tetap berwarna hijau sejak masih mentah hingga sudah matang. Ukurannya hampir sama dengan pisang cavendish. Daging buah pisang yang satu ini cenderung lebih keras dengan sensasi agak kesat.

 

  1. Pisang Kepok

Pisang kepok adalah salah satu pisang yang konon berasal dari Pontianak. Pisang ini mudah dikenali karena bentuknya yang pendek dan agak pipih. Pisang kepok cukup enak disantap langsung, namun banyak juga orang yang menjadikannya bahan dasar untuk membuat keripik pisang atau panganan lainnya. Jenis pisang kepok tertentu juga biasanya dijadikan pakan burung peliharaan.

Selain jenis-jenis pisan di atas masih banyak jenis pisang lain yang bisa ditemukan di Indonesia. pisang juga merupakan buah yang sangat mudah ditemukan. anda bisa menemukan pisang mulai dari kios-kios buah di pasar tradisiona, pedagang buah keliling, hingga di supermarket yang memang menjual buah-buahan.

Pisang merupakan buah yang ekonomis karena harganya tak terlalu mahal. Harganya akan semakin murah ketika sudah memasuki musim panen. Hal tersebut tentunya sangat wajar karena persediaan pisang pada saat itu sangat melimpah.

www.pexels.com

Olahan Pisang Sale khas Tanah Pasundan

Masyarakat Sunda memiliki cara sendiri untuk mengolah pisang. Tidak hanya dijadikan pisang goreng atau cake pisang, orang-orang Sunda biasanya mengolah pisang menjadi pisang sale. Pisang sale adalah camilan berbahan dasar pisang berbentuk tipis dengan tekstur dan rasa yang sangat khas. Pisang yang biasa digunakan untuk membuat camilan ini adalah pisang ambon.

Pisang sale bisa Anda buat sendiri di rumah. Bagi Anda yang berminat membuatnya, berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • 20 buah pisang ambon
  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung sagu
  • 6 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh vanili
  • Air secukupnya
  • Air kapur sirih secukupnya

Cara membuatnya adalah:

  • Kupas pisang ambon dan iris tipis-tipis dan memanjang. Usahakan untuk tidak mengirisnya dengan terlalu tebal karena bisa membuat tekstur pisang sale menjadi kurang krispi.
  • Susun irisan pisang ke atas nampan. Jangan sampai menumpuk satu sama lain.kemudian jemur pisang-pisang tersebut hingga kering. Jika panas matahari sedang bagus, irisan pisang bisa langsung kering dalam 1 hari. Jika cuaca sedang kurang mendukung mungkin akan membutuhkan 2 hingga 3 kali penjemuran.
  • Jika pisang sudah selesai dijemur, goreng pisang di dalam minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Setelah it angkat dan tiriskan.
  • Buat adonan untuk pencelup sale pisang. Campur tepung beras, tepung sagu, gula pasir, vanili, dan air kapur sirih di dalam satu wadah. Setelah itu tambahkan air secukupnya hingga adonan agak encer dan aduk rata.
  • Panaskan kembali minyak goreng secukupnya untuk menggoreng pisang sale.
  • Celup satu per satu irisan pisang ke dalam adonan lalu langsung goreng di dalam minyak goreng panas.
  • Setelah warnanya kecoklatan, angkat pisang dan tiriskan.
  • Pisang sale sudah siap untuk disajikan.

Pisang sale banyak dibuat pada menjelang Idul Fitri untuk dijadikan suguhan saat hari raya berlangsung. Atau biasa juga disipakan sebagai oleh-oleh bagi sanak keluarga yang hidup merantau di luar kota.

Pisang sale yang sudah masuk ke minimarket tentunya memiliki kemasan yang berbeda. Kemasan perlu dibuat menarik agar orang tertarik untuk membeli. Kemasan yang biasanya digunakan adalah standing pouch berbagai ukuran. Harga jualnya tentu sedikit lebih tinggi dari yang bisa Anda peroleh di pasar-pasar tradisional atau bila memesan langsung ke pembuatnya.

www.pexels.com

Kandungan Gizi Pisang Sale

Pisang sale memiliki rasa yang lezat. Rasa manis yang khas dari pisang dengan berbagai bahan pelengkapnya akan membuat Anda ketagihan. Ternyata selain lezat, pisang sale juga kaya akan manfaatnya. Dalam pisang sale terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah informasi nutrisi yang terkandung di dalam pisang sale:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Mineral

Protein nabati yang terdapat di dalam pisang sale sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Protein nabati berfungsi untuk menjaga keseimbangan hemoglobin dalam tubuh. Selain itu protein nabati yang berasal dari pisang juga baik untuk kesehatan kulit, menjaga daya tuhan tubuh, serta membantu meningkatkan daya ingat.

Nutrisi-nutrisi lain yang terkandung dalam pisang sale tentu tak kalah penting bagi tubuh. Karbohidrat, misalnya, adalah salah satu sumber energi utama bagi tubuh manusia. Kalsium dan fosfor berfungsi menguatkan tulang dan gigi. Sementara vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Meskipun pisang sale kaya akan nutrisi, tentu saja tetap kurang baik untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Rasanya yang manis bisa membuat tingkat gula darah Anda melonjak, dan hal tersebut bukanlah hal yang baik bagi kesehatan. Konsumsi pisang sale dan makanan apapun sewajarnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *